Senyum Rasulullah Menolak Bala

Betapa Ucapan Dan Sapaan Lembut dapat meluluhkan Hati seseorang yang membenci. Inilah salah satu Mukjizat Rasulullah. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi kita. Bahwa kita pun dapat membuat orang luluh dikarenakan Kelembutan dan sapaan yang kita berikan pada saudara kita. Meskipun ia sangat membenci kita.

Kali saya akan mengajak anda untuk merenung dari sebuah nukilan kisah tentang Kelembutan Rasulullah Yang meluluhkan hati seorang sangat benci terhadapnya.


Fadlalah bin Umair memang sangat terlihat jelas kebencian di raut wajahnya. Sebuah dendam yang mendalam dari sorot matanya yang tajam. dia selalu membuntuti dan siap menyerang kapan pun. Dalam pikirannya sudah direncanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW. Desah napasnya begitu membuncah.


Ia mengintai Nabi yang sedang bertawaf di Baitullah Al-Haram. Perlahan ia mendekati Rasulullah, wajahnya tampak tak tenang dengan sorot kebencian memancar dari matanya. Semakin dekat dengan Rasulullah membuat jantungnya berdetak kencang. Nafsu ingin menghabisi itu pun semakin mendorong jiwa Fadlalah bin Umair. Namun ketika keduanya sudah dekat, Rasulullah SAW menyapa dengan ramah sekali.


“Bukankah engkau Fadlalah bin Umair?”
Mendengar suara lembut Rasulullah SAW membuat amarah di dada Fadlalah turun. Sapaan ramah Baginda Nabi membuat Fadlalah bin Umair berubah tiba-tiba.
“Benar, Ya Rasululullah,” jawab Fadlalah bin Umair singkat dengan raut wajah bimbang.
“Apa yang engkau bicarakan dalam hatimu?” Rasululullah SAW menyelidiki raut wajah bingung Fadlalah bin Umair.
“Tidak ada, aku sedang berdzikir mengingat Allah SWT.” jawab Fadlalah mengelak dan juga gugup.


Mendengar kata-kata fadlalah bin Umair, Nabi Muhammad SAW pun tersenyum, lalu bersabda :
“Beristigfarlah engkau kepada Allah SWT!” Sambil Baginda Nabi menyentuh dada Fadlalah bin Umair. Seketika itu hati pemuda yang ingin membunuh Nabi Muhammad SAW pun hilang sekejap. Fadlalah bin Umair menjadi tenang hatinya dan pedang kebencian itu hilang bersama senyum ramah Baginda Nabi Muhammad SAW.


Fadlalah bin Umair selalu mengingat peristiwa yang membuatnya berubah. Yang akan selalu dikenang dalam sejarah hidupnya. Sikap ramah Baginda Rasullullah SAW dan juga senyum yang membawa kedamaian di hati Fadlalah. Hingga Fadlalah pun berkata:
“Demi Allah, tidaklah Baginda mengangkat tangannya di dadaku, sehingga tidak ada satu pun makhluk Allah yang lebih aku cintai darinya.”


Nabi dicintai oleh umatnya karena budi pekertinya yang baik, keluhuran, sikap santun, selalu bersikap baik terhadap orang-orang yang ingin mendzoliminya, dan senyum yang menentramkan. Akhlak mulia Rasulullah SAW yang selalu membawa kedamaian.

“Senyumanmu pada wajah saudaramu adalah sedekah bagimu.” (HR. Tirmidji)

Marilah kita budayakan untuk senyum !! (b.dakwah)

Comments

Popular posts from this blog

Rasulullah dan Pengemis Buta

Kesempurnaan Akhlak Rasulullah

Rasulullah Menjaga Perasaan Orang Lain